Senin, 27 Februari 2012

Perawatan harian ayam serama

Perawatan harian ayam serama pada dasarnya sama dengan merawat jenis ayam lainnya,namun yang perlu diperhatikan dalam perawatan tersebut yang paling utama adalah menjaga kebersihan kandang,sebab tolok ukur keberhasilan dalam beternak ayam serama adalah menjaga kesehatan ayam dengan menjaga kebersihan kandang tersebut sebab apabila kandang tidak terawat dan kotoran ayam tidak pernah dibersihkan maka penyakit akan berkembang dan otomatis akan menyerang ayam2 yang kita pelihara nah untuk menghindari dan mencegah timbulnya penyakit saya akan tuliskan beberapa tips dan ini juga berdasarkan pengalaman pribadi saya sebagai pemula dalam beternak ayam serama,Adapun tips2 dimaksud :
1. Menaruh posisi kandang menghadap ke timur dan terkena sinar matahari pagi dari jam 07.00 s/d11.00 wita
    dengan maksud agar bibit penyakit yg ada dalam kandang tersebut mati,sehingga ayam bebas dari penyakit.
2. Tempat makanan dan minuman setiap hari dibersihkan,dan makanan dan minuman diganti setiap hari ini    bertujuan untuk menghindari penyakit berkembang pada sisa makanan atau minuman.
3. Setiap hari kandang dibersihkan dari sisa makanan dan minuman maupun kotoran sehingga ayam menjadi nyaman.
4. Semprotkan disinpektan secara berkala dengan dengan tujuan agar bibit penyakit maupun virus menjadi mati dan tidak berkembang menjadi wabah penyakit.
5.Atur pola makan,agar ayam tidak kegemukan dengan cara berikan pakan hanya satu sendok makan perekor berupa campuran millet dan jagung giling berikan 2 X sehari pagi dan sore.
6.Jika cuaca dingin,ayam diberi lampu penghangat baik siang maupun malam sebab ayam serama paling rentan terhadap cuaca dingin,terkadang ini keliahatan sepele,tapi pungsi penghangat ini sangat vital.
7.Berikan atau suntikkan vaksin NCD maupun CRD kepada ayam2nya setiap 3 bulan sekali dengan maksud untuk menjaga agar ayam kebal dari virus NCD dan CRD,dan lakukan terus secara berkala setiap tiga bulan sekali,dan obat ini sudah tersedia dipasaran ,dan harganya cukup terjangkau.
8.Ayam perlu dimandikan setiap hari pada saat cuaca panas,agar ayam tetap sehat dan bulunya tetap berkilau.
9.Setiap hari ayam dijemur pada waktu pagi hari dari jam 07.00 s/d  11.00 agar ayam tetap sehat dan tercukupi kebutuhan vitamin D nya,
!0. Sekali kali ayam perlu diumbar ditempat umbaran ,atau dikeluarkan didalam pekarangan rumah supaya bergerak dgn bebas.
11.Selalu sediakan obat2an maupun vitamin berupa Tetraclor,Vitaplex,untuk pengobatan awal apabila ayam terserang penyakit.


Demikian Tips perawatan ayam serama ,mudah2an bermanfaat, salam seramania

        by,: I made Oka,
               Jl Dr Sutomo  Gang Gili Anyar IV Blok J No4 Karang Baru Mataram Lombok
               No HP 087865295330.

____________________________Terima Kasih___________________________________________   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar